Saturday, May 2, 2009

MS Excel

Dibawah ini kumpullan Tutorial untuk program Microsoft Excel yang biasa dipakai pada MS Excel semoga artikel ini membantu kamu trim's

Memilih atau menuju ke data yang paling bawah atau paling akhir

Sering kali kita ingin menuju ke data terakhir di Excel. Cara manual adalah dengan men-scroll tampilan ke bawah atau kesamping untuk menemukan data yang paling bawah atau data yang paling kanan. Cara ini tentu saja menyulitkan jika data yang kita olah jumlahnya banyak.

Cara untuk langsung menuju ke data terakhir adalah:
Tekan tombol "End" di keyboard.
Tekan "panah bawah" untuk menuju ke data yang paling bawah atau "panah kanan" untuk menuju ke data yang paling kanan.

Merubah tampilan status bar, tidak selalu Sum

Apabila kita memblok cell-cell berisi angka di Excel, kita dapat melihat jumlah dari angka pada cell-cell yang di blok tersebut pada status bar Excel, misal : Sum=5.

Sebagian banyak orang belum tahu bahwa status bar tersebut juga dapat menampilkan average, count, max atau min.

Caranya :
Klik kanan status bar tempat tampilan tersebut dan pilih operasi yang kita inginkan.

Meng-copy cell ke bawah dengan lebih cepat

Untuk meng-copy cell di Excel ke bawah, kebanyakan orang melakukannya dengan menarik titik di sudut kanan-bawah cell tersebut sampai ke cell yang diinginkan.

Ada cara yang lebih cepat untuk melakukan hal tersebut.

Caranya:
"Double click" titik di kanan-bawah cell tersebut, otomatis cell akan tercopy sampai ke batas cell referensi berdasarkan kolom cell yang ada di sebelah kiri atau kanan cell tersebut.

Catatan : Cara ini dapat dilakukan hanya jika kolom di sebelah kiri atau kanan cell tersebut telah terisi.

Conditional formatting berdasarkan referensi cell lain.

Conditional formatting untuk cell di Excel biasanya berdasarkan atas nilai yang ada pada cell tersebut.

Bagaimana jika kita ingin melakukan "conditional formatting" berdasarkan referensi cell lain.

Caranya:
Buka "conditional formatting seperti biasa", Menu "Format > Conditional Formatting"
Ganti "Cell value is" menjadi "Formula is" pada option pertama
Isi "input box" disebelahnya dengan misal : =$H2="Finish", maka cell tersebut akan terformat jika cell H2 isinya Finish.

Mendapatkan bilangan random (acak)

Untuk mendapatkan bilangan random atau acak di Excel bisa dengan fungsi "rand atau randbetween". Untuk menggunakan "randbetween Excel Anda harus terinstall "Analysis Toolpak"

Menggunakan "rand", caranya:
Tuliskan fungsi "=rand()" di cell.
Excel akan membangkitkan bilangan pecahan random antara 0 sampai 1.
Anda dapat mengalikannya untuk menyesuaikan dengan batasan yang diinginkan.
Anda juga dapat membulatkannya dengan fungsi "round"

Menggunakan "randbetween", caranya:
Tuliskan, misal : =rand(0,10)
Excel akan membangkitkan bilangan bulat random antara 0 sampai 10

Memisahkan data-data dari satu kolom - Text to column

Sering kali jika mengcopy atau meng-import data dari file yang lain, kita menemukan data-data tersebut menumpuk dalam satu kolom atau satu cell.

Kita dapat memisahkan data-data tersebut berdasarkan karakter pemisah yang kita tentukan atau batasan dari jumlah karakter.

Caranya:
Blok kolom yang ingin kita pisahkan datanya dengan cara meng-klik nama kolomnya, misal : klik kolom A
Pilih menu "Data > Text to column"
Pada "dialog box" Pilih cara yang paling tepat untuk memisahkan data tersebut.
Pilih "Deliminated" jika data yang akan kita pisahkan dibatasi oleh karakter khusus seperti koma, spasi, tab, dll. Kemudian tekan "Next", pilih karakter deliminator yang akan digunakan dan lihat previewnya di bagian bawah box. Klik "Finish" jika sudah sesuai atau klik "Next" untuk operasi advance.
Pilih "Fixed width" jika data dapat dibagi dengan urutan jumlah karakter yang sama dari sisi kiri data tersebut. Klik "Next" untuk melanjutkan dan ikuti petunjuk yang tersedia.

Menampilkan sheet background

Untuk menampilkan background berupa gambar pada sheet Excel dapat dilakukan dengan:
Pilih menu "Format > Sheet >Background"
Pada "Sheet background dialog box", pilih gambar yang kita inginkan.

Menyembunyikan worksheet

Worksheet di Excel dapat disembunyikan dan ditampilkan kembali.

Caranya:
Aktifkan sheet yang akan di sembunyikan.
Pilih menu "Format > Sheet > Hide. Sheet akan disembunyikan dan hilang dari tab list di bagian bawah tampilan Excel
Untuk menampilkan kembali, pilih menu "Format > Sheet > Unhide.

Menghilangkan Grid cell

Terkadang untuk mendapatkan tampilan di monitor yang lebih baik, kita ingin menghilangkan grid cell-cell di Excel dan menggantinya dengan cell border yang kita atur sendiri.

Caranya:
Pilih menu "Tool > Option"
Di option box, pilih tab "View"
Cari option "Gridlines" dan hilangkan tanda check-nya.

Anda juga dapat melakukannya dengan cara terlebih dahulu menampilkan toolbar "Toggle Grid", cara ini membuat proses ini untuk selanjutnya menjadi lebih cepat, caranya:
Klik kanan toolbar yang ada dibagian mana saja, dan pilih "Customize"
Di "Customize box" pilih tab "Command"
Pilih "Forms" untuk katagories
Cari "Toggle Grid" di "Command" box
Drag toolbar "Toggle Grid" tersebut keluar box, ke toolbar anda yang sudah ada dan pilih posisi yang diinginkan.
Selanjutnya untuk menampilkan grid atau menghilangkannya Anda tinggal menekan toolbar tersebut di file yang mana saja.

0 comments:

Post a Comment