Sunday, May 3, 2009

Tips & Trik Googling

Tips & Trik Googling

Google Siapa yang tidak tahu akan nama ini sebuah search engine yang menurut kata orang n kata saya juga... :) hampir 60% pengguna Internet di dunia menggunakan Google untuk mesin pencarian didunia maya ketimbang Yahoo!, MSN, Ask, de el el. Hal ini dikarenakan Google adalah Search Engine terbaik saat ini Dengan tampilannya yang simple tanpa iklan, tanpa gambar-gambar membuat google lebih cepet di akses dibanding yang lainya. oke sekian dulu ngocehnya kita balik lagi kebahasan post ini yaitu Tips & Trik Googling. maareeee... :)

Filetype

Merupakan perintah untuk mencari file pada dokumen web dengan tipe file yang kita indikasikan

Contoh : "filetype:pdf artikel komputer" (tanpa petik), google akan mencari file² ber-ekstensi pdf yang mengandung informasi mengenai artikel komputer. Tipe file yang bisa dicari antar lain .doc, .xls, .ppt, .pdf dsb.

Intitle

Merupakan perintah untuk membatasi pencarian pada judul yang hanya mengandung informasi yang ingin dicari.

Contoh : "intitle:artikel komputer" (tanpa petik), maka google akan mencari judul dokumen² web yang mengandung kata 'artikel' dan 'komputer'.

Inurl

Merupakan perintah untuk membatasi pencarian pada alamat web yang mengandung informasi yang ingin dicari.

Contoh : "inurl:artikel komputer" (tanpa petik), akan menghasilkan pencarian alamat² web yang mengandung kata 'artikel' dan 'komputer'.

Link

Merupakan perintah untuk mencari website² yang mempunyai point link ke website yang kita indikasikan.

Contoh : "link:www.google.com" (tanpa petik), maka google akan menunjukkan daftar website yang memiliki point link ke situs www.google.com

Related

Perintah ini digunakan untuk mencari website² yang mirip atau serupa dengan website yang kita indikasikan.

Contoh : "related:www.google.com" (tanpa petik), akan menghasilkan pencarian berupa daftar website yang serupa dengan google.com.

Intext

Merupakan perintah untuk mencari kata² yang kita indikasikan pada dokumen web. Perintah ini akan mengabaikan judul halaman dan URL.

Contoh : "intext:artikel komputer" (tanpa petik), maka google akan menampilkan halaman web yang mengandung kata 'artikel' dan 'komputer'.

Site

Perintah ini digunakan untuk mencari informasi pada website yang telah kita tentukan.

Contoh : "artikel komputer site:www.bsi.ac.id" (tanpa petik), maka google akan menampilkan daftar halaman web yang mengandung 'artikel' dan 'komputer' pada situs www.bsi.ac.id.

Mencari file MP3

Digunakan untuk mencari file MP3 yang telah di-index oleh google. Tapi ga cuma MP3 aja kok, bisa juga buat nyari video dengan format seperti AVI, 3GP, WMV dsb.

Perintah yg digunakan : "?intitle:index.of? mp3 nama_file" (tanpa petik), kalo' pengen nyari MP3 nya Meggy Z. (wakz...hare gene dangdut??) misalnya....ya tinggal ganti nama_file dengan Meggy Z. Dengan perintah ini google akan menampilkan link database website yang mengandung file MP3 yang kita cari.

Nah, dengan adanya perintah² khusus di atas tentunya akan memudahkan dan memberikan hasil pencarian yang optimal dalam melakukan pencarian melalui google. Oke deh, cukup sekian dulu yawh... oke deeh tar w tambahin lagi deeh... :)

Sumber: artics.limabit.com

0 comments:

Post a Comment